Catatan kuliah: Kenapa cewek milih IT?


Ya sesuai dengan postingan sebelumnya, aku adalah mahasiswa jurusan informatika semester akhir dengan wajah muda *ehh. Tulisan ini mau ngebahas tentang alasan kenapa aku milih jurusan ini diantara banyak jurusan diluar sana yang gak kalah menarik untuk dipelajari (bukan promosi loh). Milih jurusan kuliah emang gampang-gampang susah, banyak yang setelah lulus SMA/SMK belum punya tujuan mau kemana. Akhirnya setelah diterima di bangku kuliah banyak yeng ngerasa salah jurusan. Sebenernya bukan salah jurusan, memang setiap ilmu ketika sudah didalami pasti gak segampang yang kita bayangkan. Selain itu, banyak juga campur tangan orang tua dalam menentukan jurusan yang mesti dipilih oleh anaknya, padahal anaknya gak sreg. Yah, apapun jurusan yang kalian pilih saat ini atau sedang berjuang menyelesaikan skripsi sama seperti aku, selesaikan dengan baik dan lapang dada yaa guysss. Untuk yang masih di awal atau pertengahan semester, tetep berjuang yang terpenting adalah kamu tekun dengan ilmu yang sudah kamu pilih.
Flashback dikit ya guys, dari SMP sebenernya udah tertarik sama IT cuma gak sampe tau algoritma, pemrograman, dan kawan-kawannya. Cuma tau tentang internet dan browsing 😜. Nah, pas SMA mau daftar SNMPTN makin bingung nih milih kampusnya, sempet bingung juga karena pengennya sih di luar Bali, apadaya terhalang ijin orangtuaπŸ˜‚. Tapi gak masalah sama kampusnya guys, yang penting kita pandai menempatkan diri dimanapun kampusnya πŸ˜‰. Akhirnya milih salah satu kampus di Bali tentunya dengan jurusan informatika sebagai pilihan pertama. Jujur, waktu nunggu pengumuman UN dan SNMPTN bikin aku galau berhari-hari guys, gak enak makan dan gak enak tidur (emg lebay tapi itulah kenyataannya). Secara, ujian waktu itu (SMA lulusan 2013) ada 20 paket dengan barcode, belum lagi sebelumnya ujian diundur karena masalah distribusi soal πŸ˜‘(yang senasib angkat tangan ✋). Yang jadi pemikiran aku saat itu adalah, ini menyangkut masa depan guys, kalo sampe gagal gak kebayang dah gimana waktu itu 😟. Tapi Tuhan emang baik sama aku, waktu itu lulus UN dengan nilai yang lumayan baik (not bad-lah) dan tentunya lulus SNMPTN juga yeeyy!! Walaupun waktu itu sempat ada beberapa keluarga yang agak gak setuju aku kuliah jauh dari tempat tinggal (tempat tinggal dan tempat kuliah beda kota dengan jarak tempuh 2 jam), padahal masih di Bali. Tapi orangtua gak mempermasalahkan dan semua berjalan baik-baik aja sampe semester 8 ini 😊 Walaupun merantaunya gak jauh guys, tapi ini saran dari aku buat kalian yang mau lanjut kuliah atau yang mau kerja, merantaulah! Karena ketika kamu merantau, kamu bisa belajar banyak hal, terutama belajar mandiri pastinya. Kembali lagi ke alasan aku milih jurusan IT. 
Semakin bertambahnya umur, semakin aku merasa bahwa dunia emg gak bisa jauh-jauh dari teknologi, bahkan sudah masuk ke segala bidang kan guys. Jaman yang semakin berkembang ini, pasti ada banyak teknologi baru yang berkembang setiap harinya. Terlebih lagi kita sudah masuk di era masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) dimana kita gak bersaing sama masyarakat dalam negeri aja, tapi juga sama masyarakat se-Asia Tenggara guys. Selain itu, di beberapa lowongan pekerjaan juga mencantumkan keahlian yang dicari berupa mengerti komputer dan Bahasa Inggris. Yapp, 2 hal tersebut memang ilmu dasar yang wajib kita pelajari. Bukan berarti bidang yang lain gak penting ya guys, sekali lagi apapun yang kalian pilih, tekuni dan jadilah profesional! 😊 Belum lagi ada pertanyaan "kok gak nyari bidang kesehatan? Cewek kan biasanya ke bidang kesehatan" dan lain - lain. Bagi aku, jurusan bidang kesehatan sudah terlalu mainstream untuk cewek, itu hanya opiniku aja guys hargai pendapat masing-masing yaa 😊. Menurut opiniku juga ya guys, kalo bekerja di bidang kesehatan itu biasanya gak mengenal hari libur dan tanggal merah, apalagi Bali terkenal sama banyak libur karena banyak kegiatan upacaranya, belum lagi cewek harus mengurus keluarganya dan kegiatan yang menyangkut hubungan sosial dilingkungan masyarakat (istilah Balinya: menyama braya). Dan yang paling utama, aku suka gak tegaan liat orang kesakitan guys, yang ada nanti di rumah sakit aku malah mewek dan malah gak tega ambil tindakan ke orang yg sakit. Tapi aku apresiasi tenaga kesehatan yang benar-benar mengabdi untuk masyarakat πŸ‘πŸ‘
Sebenernya aku SMA jurusan IPA guys, dan nilai mata pelajaran IPA  juga lumayan baik. Bahkan 5 besar dikelas. "Trus kenapa gak mendalami ilmu TI setelah lulus SMP?" Ya, aku juga ingin mempelajari ilmu lain untuk sekedar menambah pengetahuan guys, bukan berarti aku berminat ke IT trus belajar IT doang dan mengabaikan bidang lain. Nggak dong yaa, aku juga harus paham dengan pengetahuan alam dan sosial disekitar kita, walapun gak mendalami banget ilmunya, tapi untuk diketahui saja cukup kok 😊 Setelah masuk jurusan informatika, kamu akan dapet peminatan lagi guys, jadi lebih menjurus lagi ilmunya. Mungkin ada yang lebih suka pemrograman berbasis mobile, ada yang suka develop game, ada yang suka desain, ada yang suka jaringan, yang minat ke video editing atau pembuatan film, atau yang lagi hits sekarang - fotografi, Selain masalah ilmunya, ada lagi hal - hal lain yang asik jadi cewek IT, disana temen cowoknya banyak karena seperti yg kita tau, jurusan IT didominasi oleh cowok. Jadi, kamu bisa curhat ke temen cwok, karena kadang-kadang lebih nyaman curhat sama cwok dibanding temen cewek 😜. Walaupun aku sampai detik ini masih jomblo πŸ˜…. Bisa juga kamu baca artikel ini alasan cewek IT layak dijadikan pasangan guys. Sekali lagi, ini cuma sharing ya guys, ga ada niat promosi karean aku bukan SPG πŸ˜‚ Thanks udah meluangkan waktunya utk baca.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Explore Bangli: Tempat Wisata Baru, Murah dan Hits di Bangli, Bali

Lagu Hits Januari - Awal Mei 2017

About me